Man Jadda Wajada

Jumat, 18 Maret 2016

Ingat, Padamkan Listrik Selama 1 Jam Malam Ini!

Gubernur Sulawesi Selatan, Syahrul Yasin Limpo pada 14 Maret 2016 yang lalu, telah mengeluarkan surat resmi kepada seluruh lapisan masyarakat mulai dari RT/RW, sampai tingkat Kecamatan, perusahaan swasta, perusahaan daerah, para pengusaha serta pemerintah bupati/kota se-SulSel untuk  memadamkan lampu serta perangkat elektronik lainnya selama 1 (satu) jam dimulai pukul 20.30 – 21.30 WITA, guna mendukung kegiatan EARTH HOUR 2016. Earth Hour itu apa?

Earth Hour (Jam Bumi) adalah sebuah kegiatan global yang diadakan oleh World Wide Fund for Nature (WWF) pada Sabtu terakhir bulan Maret setiap tahunnya. Kegiatan ini berupa pemadaman lampu yang tidak diperlukan di rumah dan perkantoran selama satu jam untuk meningkatkan kesadaran akan perlunya tindakan serius menghadapi perubahan iklim. Kegiatan yang dicetuskan WWF dan Leo Burnett ini pertama kali diselenggarakan pada tahun 2007. Saat itu, 2,2 juta penduduk Sydney berpartisipasi dengan memadamkan semua lampu yang tidak diperlukan. Setelah Sydney, beberapa kota di seluruh dunia ikut berpartisipasi pada Earth Hour 2008. Earth Hour 2016 akan dilaksanakan pada 19 Maret 2016 pukul 20.30 sampai 21.30 waktu setempat.


Tujuan utama dari kampanye ini adalah mengajak publik untuk melakukan perubahan gaya hidup yang sederhana dan murah yaitu hemat energi karena ketergantungan manusia terhadap listrik terus meningkat dari waktu ke waktu sedangkan sebagian besar dari pembangkit listrik itu berbahan bakar fosil (minyak bumi, batu bara, dan gas alam) yang menghasilkan gas rumah kaca pemicu pemanasan global. Nah pemanasan global ini berdampak pada cepatnya proses pencairan es di kutub sehingga memicu naiknya permukaan air laut jadi tidak heran jika daratan rasanya semakin tenggelam. Selain itu, pemanasan global juga menjadi salah satu pemicu kebakaran hutan, pemutihan karang, perubahan iklim dan peningkatan potensi kepunahan keanekaragaman hayati terutama yang hidup di daerah tropis.

Untuk di Makassar sendiri, Ada teman-teman kita dari komunitas Earth Hour (EH) Makassar yang terus berkomitmen dan mensosialisasikan kepada masyarakat Makassar untuk ikut ambil bagian dalam aksi dunia ini. Earth Hour akan diterapkan dengan menggelar aksi Makassar Gelap dari pukul 20.30 – 21.30 Wita. Selain itu, EH juga menggelar berbagai kegiatan menarik yang berpusat di Fort Benteng Rotterdam Makassar Sulawesi Selatan. Selain EH, pada acara yang terbuka untuk umum ini juga bakal melibatkan berbagai komunitas kreatif yang ada di Makassar.


Ayo jadilah bagian dari jutaan masyarakat dunia dalam berAKSI melawan dampak Climate Change.


0 komentar:

Posting Komentar