Man Jadda Wajada

Senin, 11 April 2016

Arti Lambang Kota Makassar

Lambang Kota Makassar


Setiap lambang memiliki arti dan filosofi tersendiri. Mulai dari garis, gambar, simbol, dan warna. Beda bentuk dan beda warna maka beda pula makna dan pesan yang terkandung di dalamnya. Begitupun dengan lambang yang sering kita lihat diberbagai media khususnya media lokal, poster, dan internet, lambang kota Makassar.

Lambang kota Makassar jika dilihat, terlihat sebuah perisai yang berisi gambar sebuah kapal. Di belakang perisai tersebut terdapat sebuah tembok tinggi yang kokoh berwarna merah. Di bawah perisai terdapat sebuah pita merah yang bertuliskan sebuah kaliamat, yang sudah pasti mengandung makna dan pesan-pesan tertentu.

Berikut, arti dari lambang kota Makassar.

1.     Perisai
Perisai merupakan tameng yang telah lama dikenal dalam budaya dan peradaban Nusantara sebagai senjata yang melambangkan  perlindungan, pertahanan dan perjuangan diri untuk mencapai tujuan. Warna putih sebagai dasar melambangkan kesucian.

2.    Kapal Pinisi
Sebuah Kapal layar tradisional khas yang berasal dari Suku Bugis dan Suku Makassar yaitu Pinisi . Kapal ini memiliki dua tiang layar utama dan tujuh buah layar, yaitu tiga di ujung depan, dua di depan, dan dua di belakang. Dua tiang layar utama tersebut berdasarkan 2 kalimat syahadat dan tujuah buah layar merupakan jumlah dari surah Al-Fatihah.  Keberadan Pinisi layarnya sedang terkembang melambangkan bahwa Kota Makassar sejak dahulu kala adalah salah satu pusat pelayaran di Indonesia.

3.     Padi & Kelapa
Tanaman Padi merupakan salah satu tanaman budidaya terpenting dalam peradaban. Padi merupakan tanaman yang sangat memberikan manfaat bagi masyarakat Makassar. Sedangkan Tanaman Kelapa  merupakan salah satu tumbuhan yang hampir semua bagian tubuhnya bermanfaat, mulai dari batang, buah, air kelapa, daging buah kelapa, hingga tempurung dan daun kelapa. Sehingga perpaduan padi dan kelapa ini melambangkan suatu kemakmuran kota Makassar.

4.     Benteng
Benteng berwarna merah berdiri kokoh di belakang perisai putih. Benteng adalah bangunan yang dibuat untuk keperluan pertahanan sewaktu dalam peperangan. Karena itulah benteng melambangkan kejayaan Kota Makassar.

5.     Warna pada Tepi Prisai
Tiga warna berbeda sepanjang tepi perisai melambangkan kesatuan dan kebesaran Bangsa Indonesia.

6.     Sekali Layar Terkembang, Pantang Biduk Surut Ke Pantai
Sebuah pita berwara merah yang melambangkan Keberanian, bertuliskan “Sekali Layar Terkembang, Pantang Biduk Surut Ke Pantai” atau "Kualleangi Tallanga Natowalia” Suatu pepatah masyarakat bugis-makassar yang melambangkan keberanian menjalankan sebuah prinsip dan tentu dengan penuh kearifan dan perhitungan yang matang serta menunjukan semangat kepribadian yang pantang mundur.

Itulah dia beberapa poin penting yang merupakan arti dan makna dari lambang kota Makassar. Selain itu, tentunya tersirat pula harapan yang yang sangat besar untuk kota Makassar kota Anging Mammiri ini.


Sumber :
Situs Pemerintah Kota Makassar
Wikipedia

0 komentar:

Posting Komentar